Senin, 30 April 2018

Yuk Nyeruit - Tradisi Keluarga Lampung

bismillaahir-rohmaanir-rohim


Nyeruit adalah tradisi makanan seruit (khas Lampung) secara bersama - sama dalam setiap acara perkumpulan keluarga, baik perkumpulan acara formal seperti Pernikahan, Syukuran ataupun acara non formal seperti kedatangan tamu dari anggota keluarga jauh. 

Makanan seruit sendiri terdiri dari sambal terasi, lalapan seperti petai, jengkol muda, julang jaling, daun singkong rebus, terong rebus atau bakar, timun dan tempoyak (olahan duren yang difermetasi) dan disiram pakai jeruk sate.... Ngebayangin bahan - bahannya saja sudah terbayang rasa di lidah ini. Mantaaabbb....

Kemudian saya lanjutkan untuk bercerita, lauk pendampingnya adalah ikan gurame bakar, ikan mas disayur sop, pindang patin, tempe tahu goreng. Mereka adalah sahabat pendamping dalam hidangan nyeruit.

Sedikit langkah yang bisa saya ceritakan adalah buat sambal terdahulu yang terdiri dari cabai rawit, cabe merah, rampai, terasi udang, garam, micin, dll. Lanjut ke pembuatan seruit itu sendiri dengan cara sambal terasi yang sudah dibuat dicampurkan tempoyak kemudian terong rebut/bakar dan disiram oleh jeruk sate di hancurkan dengan tangan handla ... kemudian disantap langsung dengan sahabat pendampingnya. Jangan ditanya rasanya. Karena bisa - bisa kita ngeces bareng disini.

Yuk Nyeruit .... 
Kebersamaan keluarga yang selalu membuat rindu kampung halaman, saling melihat keringat kepedasan yang bercucuran dan bercengkrama dengan canda tawa sanak keluarga. Rindu niah hati ini.

Yuk tengok kuliner keluarga dari mak zefy di web KEB, disini :)
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature