Kamis, 19 April 2018

Match the Fruits

bismillaahir-rohmaanir-rohim


Match the fruits adalah permainan mencocokan buah yang sama pada tempat yang disediakan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan memanfaatkan kardus bekas dirumah. Permainan ini juga banyak di temukan pada aplikasi smartphone yang tersedia. Tapi ada plus minusnya kalau main dengan gadget. Yuk coba kita buat sendiri permainan match the fruits nya :)
Gambaran buah-buahan ini saya beli di abang - abang gerobak mainan keliling, harga satuannya dua ribu (kalau tidak salah). Cukup beli 2 buah gambaran, kemudian digunting-gunting yang rapi dan di tempelkan pada sepotong kardus yang sudah disediakan dengan menggunakan double tape. Satu buah di pasang, dan satunya lagi tidak dipasang.

Pada bagian aktifitasnya ditempelkan double tape secara bolak-balik dengan bahan tambahan menggunakan eva foam art untuk difungsikan sebagai tanda bahwa ada lem double tape diatas eva foam art yang harus dibuka lapisannya terlebih dahulu sebelum ditempelkan dengan gambar buah pasangannya.



Persiapan permainan sudah ummi letakkan di meja bermainnya. Kebetulan sudah siang dan kk Aira belum bangun juga 06.30 wib. Akhirnya ini adalah salah satu alat pancingan untuk membangunkannya secara bahagia.

Ummi : "Kakak, ummi buat mainan loh."
K Aira : " Dimana ?" (sambil membuka mata secara perlahan)
Ummi : "Dimeja kakak, didepan."
K Aira : Lansung bangun dan bilang, "yuk main di depan sama - sama mi"
Ummi : "Ayo"...sini ummi bantu (masih sempoyongan karena bangun tidur).


Berikan instruksi untuk membuka lapisan double tapenya lalu tempelkan, dan sambil mengingatkan nama - nama buah-buahannya. Disinilah terjadi proses pembelajaran 'menambah kosa kata, mengajarkan sebuah instruksi secara baik, bounding antara ummi dan anak, kebiasan bermain/ belajar yang menyenangkan walau bangun tidur, dan melihat pemahaman dalam menerima instruksi serta menjalankannya'. 


   Jreng...jreng...jreng...Alhamdulillah berhasil.
1 komentar on "Match the Fruits"
  1. Umminya rajin. Insya Allah menjadi anak yang cerdas.

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature