Rabu, 20 Desember 2017

Melatih Kesabaran dengan "Memancing Ikan Flannel"

bismillaahir-rohmaanir-rohiim

Sejak Aira berumur 3 bulan saya sudah memberikan mainan berupa teeter book, dalam buku bayi tersebut berisikan gambar - gambar hewan dengan warna - warna yang kontras. Mengenalkan nama - nama hewan dan suara dari masing - masing hewan tersebut. Salah satunya adalah ikan. Kemudian berlanjut dari Card Animals yang saya buat dari bekas kartu undangan. Semakin membuat Aira paham ikan, jerapa, kupu - kupu dan jenis hewan lainnya. 

Kesabaran tidak bisa datang begitu saja dan tertanam dengan sendirinya dalam pribadi manusia. Sabar mah ada batasnya, tapi dimana batas kesabaran itu. Banyak orang kan yang berbicara seperti itu. Let's move on. Saya membuat pancingan ikan dari flanel salah satunya untuk melatih kesabaran dalam bentuk sebuah permainan. Yuk kita buat...


Ini adalah pola-pola ikan yang saya buat, kalau polanya cukup mudah. Jadi saya langsung gunting di kain flanelnya. Then, kita siapkan jarum dan kawan-kawannya untuk proses penjahitan. Disini saya belajar menjahit ...


Hasil yang bawah (ikan merah) adalah jahitan dengan ilmu ala kadarnya, dan kemudian penasaran dengan dirisendiri, hhm perasaan kemarin kalau dilihat jahitannya bagus seperti tulang ikan. Akhirnya, mencari ilmu itu di youtube dan alhasil didapatkan bahwa itu namanya jahitan feston/ insang pari. Dan hasil setelah belajar jadi lebih baik. Disinilah pentingnya berilmu baru beramal, sebagaimana ayat ini :

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya:
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ۗ
Maka ketahuilah, bahwa Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan memohonlah ampunan untukmu dan orang-orang beriman laki dan perempuan” (Q.S Muhammad: 19).
Ayat tersebut memerintahkan kepada Nabi Muhammad Shollallaahu ‘alaihi wasallam untuk berilmu terlebih dahulu dengan firman-Nya “Maka ketahuilah (berilmulah) …” sebelum berucap dan berbuat yaitu memohon ampunan kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala. Al-Imam alBukhari rahimahullah menuliskan judul bab pada kitab Shahihnya dengan : “Bab Ilmu (didahulukan) Sebelum Ucapan dan Beramal“.

Selanjutnya, clip paper di jahit unjungnya saja dengan tujuan tidak lepas dari kain flanel, dan membuat jahitannya membentuk mata pada ikan tersebut. 

Sedangkan, alat pancingnya dengan rangka spidol yang tidak terpakai, dilapisi kain flanel, ujungnya diikat oleh seuntas tali, dan diujung talinya dijahit kain flanel yang disangkutkan magnet. Jadi deh alat pemancingnya.


Mari kita mancing bersama, mau lihat expresi Aira saat mancing pertama kali, tunggu cerita selanjutnya ya sahabat ...

Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature