Jumat, 29 Desember 2017

Berkarya di liburan sekolah dengan aktifitas "DIY SAPU KARDUS"

bismillaahir-rohmaanir-rohiim

Anak liburan sekolah, tapi masih bingung mau buat kegiatan apa ? Apakah rela dibiarkan untuk bermain hanya dengan gadget ? Kemudian selesai tugas kita sebagai orang tua. Karena anak tenang dan senang. Benarkah ? Sudahkah berpikir panjang akan dampak positif dan negatifnya ? Udah akh kepanjangan ya... Langsung aja yuk, isi liburan dengan membuat DIY SAPU KARDUS. (harus dalam pendampingan orang tua ya)


Bahan - bahan yang dibutuhkan adalah :
1. Kardus
2. Gunting
3. Carter
4. Cutting Mat (jika punya)
5. Lem Tembak
6. Kain Flanel
6. Solatif warna (optional)
7. Penggaris
8. Ini yang cukup penting BUKU "TUTORIAL MAINAN KARDUS" #TMK


Langkah - langkah pembuatan :

Siapkan kardus, potong persegi panjang, untuk ukuran disesuaikan dengan ketinggian anak yang akan      menggunakannya. Kemudian digulung searah dengan jalurnya dan posisi kardus yang ada design tulisan suatu produk bisa diletakan di belakan/ dalam. Selanjutnya setelah digulung dilem dengan lakban bening dan warna putih (sebagai dasar). Setelah itu dilapisi dengan lakban warna, karena mba Aira sedang belajar warna, jadi saya memberikan lapisan solatif warna. Lihat gambar ya.




Selanjutnya, buat persegi panjang, di potong jadi 2, kemudian ujungnya di buat lengkungan, sehingga berbentuk seperti setengah lingkaran. Lihat seperti gambar ini.


Siapkan kain flanel dan kertas dengan ukuran yang sama untuk menjadi pembersihnya, kenapa harus dilapisi kertas karena untuk memudahkan mengguntik kain flanel dengan ukuran lebar yang kurang lebih 1 centimeter. Lihat seperti gambar ini.




Karena diameter gagang sapunya cukup lebar, jadi saya harus melipis bagian penutup dengan potongan kardus agar lebih tebal dan sesuai dengan gagang sapu yang sudah saya buat. Setelah lapisan kardus di merekat, sekarang waktunya merekatkan kain flanel di tengah - tengah bagian penutupnya ya. Sehingga jadilah terbentuk rambut sapu untuk membersihkannya. Lihat gambar ini.



Setelah kita rekatkan kain flanel di bagian tengah jika dilihat dari bagian atas akan seperti ini. Heee kalau di lihat seperti sandwich ya. 


Waktunya kita buat penutup bagian atas biar tidak terlihat seperti sandwich, kemudia di tempel dengan lem tembak dan jadilah seperti gambar di bawah ini. Lebih rapi ya.


Kemudian setelah rapi, ini adalah saat terpenting untuk menyatukan 2 bagian, yaitu bagian gagang dan bagian badan pembersih, direkatkan dengan lem tembak, terus dipegang, dilepas jika lem nya sudah telihat kering dan mengeras ya.



Untuk lebih kuat lagi, kita buat potongan kardus kecil 2 bagian untuk menutup bagian sambungan antara gagang dan badan sapu. Seperti gambar dibawah ini.


Alhamdulillah, sudah jadi, buat penghias berupa love dari kain flanel, tempelkan dengan lem tembak. Dan jadi deh karya kita DIY SAPU KARDUS nya... Karena mba Aira masih balita, jadi saya yang buat untuk nya.


Makin rajin deh bersih - bersih (ups sok bersih-bersih seperti orang dewasa), tapi saya tidak mau menghalangi kreatifitas dan kepeduliannya dengan tidak memberikan izin menggunakan sapu besar dan tidak memberikan solusi lain, nah dengan DIY SAPU KARDUS ini menjadi solusi terbaik untuk terus menghargainya dalam proses belajar berkembang dan tumbuh menjadi pribadi lebih baik. I LOVE YOU MBA AIRA.


Terima kasih untuk buku Tutorial Mainan Kardus yang sudah banyak menginspirasi.
4 komentar on "Berkarya di liburan sekolah dengan aktifitas "DIY SAPU KARDUS""
  1. Wah kreatif banget mbak..
    biasanya anak saya juga sering mainin sapu, dengan kreasi seperti ini, selain aman bagi anak, juga melatih anak untuk rajin bersih-bersih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mba, menanamkan kebersihan dan rasa peduli terhadap lingkungan ya.

      Hapus
  2. Kreatif banget nih mbak....cobain deh dibuat versi vidionya trus diuplod ke yutub

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga bisa jadi realitas mba suatu hari nanti. Terima kasih mba masukkannya.

      Hapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature