Rabu, 18 Oktober 2017

Belajar Warna dengan "Matching Colors"

bismillaahir-rohmaanir-rohiim


Sekarang Aira berusia 1 tahun 5 bulan, saya mulai berpikir untuk mengajarkan permainan - permainan yang lebih bersifat edukasi/ pendidikan. Mulai membuat jadwal, konsep permainan untuk sebuah pembelajaran, menyiapkan peralatan yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dan waktu yang tepat untuk mengajarkan. 

Setelah menyelesaikan tugas pertama diatas, selanjutnya bagiamana menyampaikan dan cara memberikan informasi tersebut agar mudah di mengerti oleh Aira. 

Hal yang saya lakukan adalah dengan memberikan contoh dahulu atas media yang telah saya siapkan. Kemudian menyampaikan secara lisan dengan penuh pengharapan bahwa Aira akan mengerti atas instruksi yang saya berikan. 



Pertama saya buat konsep dengan membuat 2 kolom di buku gambar, dan selanjutnya menempelkan salah satu sisi setiap warna-warna yang saya miliki. Selanjutnya memberikan contoh untuk menempelkan warna yang sesuai dengan kolom sebelahnya. Dan Aira melakukan dengan instruksi melalui media tangan saya, disini mba warna kuning. Tapi Aira lebih fokus dengan bermain lem nya dibanding menempelkan warna yang sesuai pada kolom sebelah. Hahahaha

Sesi kedua, menempel warna secara bebas dan memperkenalkan warna dan menyebutkan nama dari setiap warna secara perlahan. Dengan berhenti sebelum akhir kata, dan memancing Aira untuk melanjutkan akhiran katanya. Ini warna apa mbaa ? Me...(rah) berharap Aira menyebutkan. Alhamdulilah Aira terstimulasi dengan menyebutkan kata - kata ...aaah... dan setiap warna menyebutkan akhirannya dengan ...aaah.... 

Alhamdulillah bersyukur, yang penting terstimulasi dalam menyebutkan akhiran nama warna, walaupun belum jelas dan tepat. Berharap semakin sering di stimulasi, semakin bertambah kosa katanya dan semakin paham nama - nama warnanya.

Bagaimana sahaba - sahabat Aira dalam berlajar warna dirumah ?

Terima kasih
4 komentar on "Belajar Warna dengan "Matching Colors""
  1. Wiiihhh... kerennn idenya mba... arsyad bisa nyobain nieh...

    BalasHapus
  2. idenya sangat menarik mbak, bisa di aplikasikan nih
    kebetulan anak saya juga masih berumur 1,4 tahun
    tahanks sharenya

    BalasHapus
  3. Terima kasih ide2nya mbak. Soalnya aku masih punya PR, anak keduaku belujm terlalu hafal warna. Masih suka kebolak balik. Nanti aku praktekkan TFS :)

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature