Jumat, 30 Desember 2016

BERKREASI MEMBUAT CLAY TEPUNG DI AKHIR TAHUN

Assalam'mualaikum sahabat ummi ...

Yeee...yeee...weekend telah tiba, weekend telah tiba #sambillompat-lompat
Kalian yang masih bingung dan belum punya rencana untuk mengisi weekend bersama anak, keponakan, ataupun keluarga besar. Mari kita berkreasi membuat Clay di Akhir Tahun.

Sebelumnya, kalian sudah pernah tahu tentang Clay atau belum ? kalau sudah tahu #ssssttt ini dia sedikit penjelasan bagi yang belum tahu ya. Clay adalah tanah liat, bentuknya lentur dan mudah untuk di bentuk miniatur seperti mobil, kue, hewan, bunga, dan masih banyak lagi, sesuai dengan kreasi yang ingin kita buat. Dan Clay juga memiliki berbagai jenis, seperti paper clay, roti clay, masih banyak lagi. Di sini akan kita bahas platisin clay atau Clay Tepung. Lets go read all guys....


Kali ini, di masa liburan sekolah saya kedatangan tamu dari Pemalang, yaitu Ibu Mertua, dan 2 Adik Ipar yang bernama Khairul dan Edi. Untuk mengisi waktu liburan di rumah, saya membuat Clay Tepung bersama dua adik saya. Kami berkreasi terhadap bahan - bahan yang telah di siapkan.



Berikut bahan - bahan yang harus di siapkan adalah : tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka, lem kayu/fox, pewarna, benzoat (pengawet makanan), dan oil. Ini beberapa bahan yang sempat saya foto, buat Natrium Benzoat saya pakai yang merknya koepoe-koepoe dan buat oil-nya saya pakai message oil yang saya dapat dari mos5 salon muslimah. Dengan Natrium Benzoat ketika Clay sudah terbentuk, Clay tersebut akan mengeras dan awet, sedangan dengan menggunakan oil, Clay nya jadi tidak lengket dan wangi. 


Proses pembuatan Clay Tepung :
  1. Takaran semua jenis tepung sama. Jika 100 gram, maka semuanya 100 gram. Jika segelas maka semua  jenis tepung tersebut satu gelas. (Disesuaikan dengan jumlah yang ingin kita buat ya)
  2. Jika sudah ditakar, campur dan aduk rata semua jenis tepung tersebut, tambahkan Natrium Benzoat secukupnya dan di aduk rata.
  3. Tumpahkan Lem Kayu/Fox secukupnya. Kemudian aduk adonan sampai menjadi rata dan tidak lengket sehingga menjadi kalais, pas. 
  4. Setelah adonan jadi, tuangkan oil yang kita miliki sehingga menjadi licin dan wangi. (Jangan terlalu banyak secukupnya saja)
  5. Buat beberapa gulungan, dan beri warna sesuai yang kita inginkan dari setiap gulungan tersebut.
  6. Adonan sudah siap.... Mari berkreasi sesuai keinginan ...
  7. Saran : bisa search di internet untuk contoh - contoh Clay yang sudah terbentuk ya.
Jreng...jreng...jreng...Ini dia Clay Tepung dengan berbagai warna buatan adik - adikku tersayang. Selanjutnya berkreasi sesuai dengan imajinasi. Kegiatan ini bagus banget untuk mengembangkan kreatifitas dari adik - adik yang sedang bertumbuh kembang loh ... 


Ada ulat mau makan telur mata sapi..... Ups...ups.... tunggu dulu. Itu hasil dari kreasi Clay loh sahabat. Setelah terbentuk, mari di jemur dan Clay akan mengeras. Oh ia, Clay yang kita buat bisa di kasih magnet di belakangnya untuk tempelan di kulkas, bisa di tambah rantai bandul untuk jadi gantungan, ataupun jadi miniatur untuk bercerita bersama anak - anak ...

Demikian kreasi Clay Tepung, semoga bermanfaat untuk sahabat ummi.

Terima kasih
10 komentar on "BERKREASI MEMBUAT CLAY TEPUNG DI AKHIR TAHUN"
  1. Saya pernah bikin ini sama Marwah, Marwah seneng. hehe gampang dan hemat ya main clay gini

    BalasHapus
  2. Eaaa lucu amat ulat mau makan telor ceplok 😅😅 aku udah pernah buat sama anak2 tapi setelah agak lama kok jadi lembek banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih mak rahmi Aziza atas kunjungannya .... Kalau yang aku buat ini setelah lama jadi keras mak ... resepnya samakah ?

      Hapus
  3. wah lucu banget claynya mbak sukaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...Terima kasih mba ninda

      Hapus
  4. Ini boleh dicoba neh buat anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah boleh banget mba liswanti ... silakkan dicoba ya

      Hapus
  5. Kreatif...kapan2 bikin ah
    Makasih sdh dishare

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature