Jumat, 09 Desember 2016

7 TIPS MELAKUKAN PERJALANAN KE GUNUNG BROMO


Hallo sahabat ummi …


Apa kabar semuanya mas/mba ? Semoga semuanya baik, sehat dan semua doa – doa mulai berjalan untuk mencapai tujuan setiap apa yang di cita – cita kan.  Aamiin


Melakukan sebuah perjalanan sederhana dengan orang – orang yang bukan sederhana itu rasanya woow banget ya. Maksudnya woow disini adalah menyenangkan pastinya, seru,  tak terlupakan, asyik, … yuk mari diteruskan ya. 


Mungkin buat sebagian orang yang suka dengan berpergian instant bisa saja langsung menelepon agent travel yang bisa bawa mereka kemana saja seperti pintu doraemon. Dengan satu catatan : ada uang , ada perjalanan , dan kami anter sampai tujuan sesuai pelayanan yang anda pilih. Hahaha kata agent bukan kata saya.


Tapi buat kalian yang suka travelling dengan merakyat, harus siap – siap dengan berbagai peralatan pertempuran dijalan yang akan kalian temui. Dan harus banyak – banyak membaca sebagai bekal ilmu sebelum melakukan perjalanan … (untuk yang satu ini, namanya juga ilmu, harus setiap orang mau rajin membaca sebagai bekal mendapatkan cerita perjalanan yang menyenangkan.) Iya gak sih ? Iya kan :)

INI DIA 7 TIPS MELAKUKAN PERJALANAN KE GUNUNG BROMO


propertyof the author


 1. Tentukan Waktu Yang Tepat

Memang cukup penting ketika kita ingin melakukan perjalanan jauh khususnya ke Gunung Bromo menentukan waktu yang tepat, dimana kita dapat memprediksi bahwa apa yang kita harapkan dapat terlaksana dengan baik dengan berharap mendapatkan kondisi alam yang bersahabat dalam perjalanan kita. Kalau kita kurang tepat memilihi waktu, bisa saja kita tidak dapat melihat Sunrise di Pananjakan 1 ataupun Pananjakan 2. Cupsss cari waktu yang tepat ya !
 2. Tentukan Rute Perjalanan

Gunung Bromo berada di 4 perbatasan wilayah kabupaten di Jawa Timur, masing - masing perbatasan ada pintu masuk menuju lokasi gunung bromo. Perbatasan wilayah di jawa timur diantaranya kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. 
Bagi Anda yang berada dari daerah luar Jawa Timur, dapat transit menuju bandara atau stasiun atau terminal di Surabaya atau Malang.
credit by :Metatut

 Salah satu jalur dari Surabaya : 
Surabaya - Malang, Malang - Tumpang, Tumpang - Gubugklakah, Gubugklakah - Ngadas, Ngadas - Jemplang, Jemplang - Gunung Bromo 
 Salah satu jalur dari Malang : 
Malang - Tongas (Probolinggo), Tongas - Sukapura, Sukapura - Cemorolawang, Cemorolawang - Gunung Bromo 

 3. Buatlah Packing List 
    
    Berikut beberapa perbekalan yang sebaiknya disiapkan ketika memutuskan memilih rekreasi ke           Gunung Bromo :

Pakaian Hangat 
Anda akan melakukan perjalanan dimalam hari. Jaket, Syal, Penutup Kepala/ Telinga, Sarung Tangan sangat dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh karena suhu di Bromo 10 - 20 derajat celcius, suhu ini akan menjadi lebih rendah jika memasuki bulan kemarau.
Makanan/ Minuman 
Sebaiknya perbekalan makanan / minuman harus selalu siap sedia di dalam tas yang anda gunakan saat perjalanan. Tapi jangan terlalu banyak, karena akan menjadi beban pada saat perjalanan. Bawalah secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda. 
Uang Tunai 
Dialam terbuka selama melakukan perjalanan anda akan sulit menemukan mesin penarik uang/ ATM. Sebaiknya bawalah uang tunai untuk persediaan melakukan transaksi pembelanjaan. 
Sepatu 
Ingat sekali lagi ! Anda ingin melakukan perjalanan ke wisata alam terbuka di Gunung Bromo. Gunakan sepatu yang senyaman mungkin ketika dikenakan, karena anda akan menaiki sekitar 250 anak tangga untuk melihat kawah gunung Bromo.  
Masker 
Bau belerang yang cukup menyengat akan sangat mengganggu penciuman anda. Selain bau belerang, terkadang Badai Pasir karena hempasan angin yang cukup besar akan mengganggu pernapasan anda, dengan membawa masker akan cukup membantu anda untuk bernapas.  
jaket, masker, dan kacamata

Kacamata 
Perlu diketahui debu di Lautan Pasir Gunung Bromo sangatlah halus dan berbahaya. Menggunakan kacamata sangat baik untuk melindungi mata anda dari debu. 
Lampu Senter/ Flashlight 
Sebagai alat bantu penerangan dalam melakukan perjalanan di malam hari.  
Kamera dan kawan - kawannya 
Setiap sudut di Gunung Bromo melukiskan keindahan dan kebesaran Yang Maha Pencipta yang patut untuk diabadikan sebagai cerita di esok hari.  
Sunblock dan tisu basah 
Melindungi kulit dari sinar Ultraviolet dan tisu basah untuk membersihkan pasir - pasir halus yang menempel di tangan ataupun kaki. 
Obat - Obatan Pribadi 
Yang memiliki obat - obatan pribadi yuk di bawa dan ceritakan kepada teman sebelum melakukan perjalanan jika ada riwayat penyakit yang membutuhkan perhatian khusus. 
 4. Buatlah Jadwal Rencana Perjalanan

     Jika sudah sampai di Malang/ Surabaya buatlah jadwal rencana perjalanan sedetail mungkin,
     jangan sia - siakan waktu dengan tak mengeksplor lebih di kota orang. Kunjungi : View Point, 
     Kawah Gunung Bromo, Padang Savana (Bukit Teletubis), Lautan Pasir (Pasir Berbisik), 
     Coban Pelangi.

View Point

Lautan Pasir

Perjalanan Menuju Kawah Bromo

Bukit Teletubies


 5. Update Kondisi Cuaca 

     Sebelum berangkat ada baiknya cek kondisi cuaca di Gunung Bromo atau berita terupdatenya.

 6. Siapkan Kondisi Fisik

      Memang kita bukan mau naik gunung atau layaknya pendakian, tapi dengan latihan berjalan 1000       langkah setiap hari akan membantu kita dalam melakukan persiapan sebelum menaiki 250 anak           tangga untuk menuju Gunung Bromo.

 7. Yakinkan Diri Melakukan Perjalanan dan BERDOALAH :)

     Berdirilah tegap di depan cermin, bawa perbekelan, pamit dengan keluarga dan BERDOALAH :)


Semoga bermanfaat ya sahabat ummi :)

Terima kasih




4 komentar on "7 TIPS MELAKUKAN PERJALANAN KE GUNUNG BROMO"
  1. Wah aku jd inget ke Bromo bersama suami dan anak2. Memang berkesan bgt ya mbak hehehe. Slm kenal ya kita sdh berteman di IG. Aku ada di www.nurulsufitri.com tks 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang berteman dengan mba Nurul :)

      Hapus
  2. mau lagi padahal belum ada kesempaatn, pernah ke bromo tapi jaman masih kecil

    BalasHapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature