Sabtu, 19 November 2016

Wisata Bahari Menakjubkan di Wilayah Paling Barat Indonesia

Mengulik keindahan alam Indonesia seperti tidak pernah ada habisnya, setiap jengkal bumi pertiwi ini selalu memiliki kekayaan dan keindahannya sendiri. Bila berkunjung ke suatu daerah, pasti saja Anda dapat menemukan keindahan yang cukup memesona, dari ujung timur hingga ujung barat.

sumber travellie.com

Salah satu provinsi yang berada di ujung barat Indonesia adalah Provinsi Aceh. Dahulu yang paling terkenal dari provinsi ini adalah Masjd Raya Baiturrahman, karena sejarah dan kemegahanannya. Namun kini bukan hanya sebatas masjid ini saja yang dikenal, karena kini mulai banyak orang yang mengunjungi dan mengekslpor wisata bahari di Aceh.

Banyaknya orang yang mengunjungi daerah ini mungkin memang belum sebanyak wisatawan di daerah terkenal lainnya. Hal ini mungkin disebabkan karena letak Aceh yang cukup jauh dan membutuhkan biaya perjalanan yang tidak murah.

Perjalanan menuju Aceh dapat melalui jalur darat, laut, dan udara. Jika Anda berasal dari luar Pulau Sumatera, menggunakan jalur darat dan laut tentu sangat tidak efektif. Sebab perjalanan pasti sungguh melelahkan dan akan memakan waktu berhari – hari.

Pilihan terbaik satu – satunya adalah menggunakan pesawat, selain perjalanan terasa tidak terlalu melelahkan dan Anda dapat menghemat banyak waktu. Anda tak perlu khawatir mengenai harga tiket pesawat yang mahal, karena Anda dapat mencari dan booking tiket pesawat batik air murah secara online.

Anda hanya perlu mengeceknya melalui website resmi atau melalui online travel agent (OTA). Kelebihan bila Anda menggunkan OTA adalah dapat mencari tiket pesawat dari berbagai maskapai yang paling murah. Mudah kan?

Perjalanan dari Jakarta menuju Banda Aceh langsung (tanpa transit) membutuhkan waktu sekitar 2 jam 45 menit, sedangkan jika transit membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Sesampainya di Ibukota Banda Aceh, Anda dapat melanjutkan perjalanan wisata bahari. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Pantai Iboih Sabang

Sabang adalah salah satu kota yang berada di Pulau Weh, yang dikenal sebagai wilayah paling barat di Indonesia. Selain terkenal sebagai wilayah paling barat, Sabang juga terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satu keindahan pantai Sabang yang cukup terkenal adalah Pantai Iboih Sabang.

Sumber : pedomanwisata.com
Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, maka Anda dapat menyebrang dengan menggunakan kapal freri ataupun speed boat. Perjalanan dari kota Banda Aceh menuju Sabang membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika menggunakan kapal fery, dan 45 menit jika menggunakan speed boat. Sesampainya di Sabang, Anda pun dapat langsung menuju Pantai Iboih dengan kendaraan sewa atau angkutan umum.

Sebenarnya Pantai Iboih yang berada di Kecamatan Suka karya, Sabang ini terdiri dari dua pantai, yaitu Pantai Teupin Sirku dan Pantai Teupin Layeu. Pantai Teupin Sirku adalah pantai berkarang dan Pantai Teupin Layeu adalah pantai berpasir putih. Namun karena namanya cukup rumit, wisatawan lebih suka memanggilnya Pantai Iboih.

Sumber : yukpiknik.com
Berbagai aktifitas bisa Anda lakukan di sini, seperti bermain air, snorkeling, sampai berenang bersama anak hiu. Wah, anak hiu? Ya, jika beruntung Anda dapat bertemu hiu, karena di pantai ini terdapat anak hiu yang berenang bebas. Anda bisa berenang aman bersama hiu di sini, namun jangan sampai ada darah yang keluar dari tubuh ya, karena hiu akan berubah menjadi agresif.


Pulau Rubiah
Melanjutkan perjalanan dari Pantai Iboih, Anda dapat mengunjungi Pulau Rubiah dengan menyebrang menggunakan perahu. Jika snorkeling di pantai Iboih belum terasa cukup, maka Anda dapat memuaskan snorkeling Anda di pulau ini. Keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan membuat pulau ini dijuluki sebagai surganya kerajaan laut.

Sumber : wisata-murah-indonesia.blogspot.co.id

Pulau ini memiliki air laut yang ternang dan sangat jernih, karena kejernihannya sinar matahari pun bisa menembus hingga ke dasar laut. Semua terlihat begitu jelas di sini, bak sebuah aquarium besar yang sangat indah.

Sumber : merahputih.com

Terdapat banyak sekali ikan cantik berwarna - warni di sini, seperti angel fish, lion fish, botana biru, ikan kepe-kepe, dan masih banyak lagi. Terumbu karang – terumbu karang yang cantik dan bintang laut juga semakin menambah keindahan alam bawah laut pulau ini.

Sumber : travelingarea.com
Sayangnya belum ada akomodasi yang memadai di pulau ini, sehingga untuk penginapan sebaiknya Anda mencarinya di Iboih (sebrang Pulau Rubiah). Namun jika Anda ingin lebih menyatu dengan alam, Anda dapat mendirikan tenda di pulau ini.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata bahari yang bisa Anda kunjungi selama berada di Aceh, seperti Pantai Anoi Hitam, Pulau Banyak, Pulau Simeulue,  Pantai Ujung Pancu, dan lain-lain. Jika Anda memiliki waktu yang lebih banyak, tidak ada salahnya mengujungi tempat – tempat tersebut.





4 komentar on "Wisata Bahari Menakjubkan di Wilayah Paling Barat Indonesia"
  1. Subhanallah pantainya, bersih, indah. Coba kalau pantai di kotaku kayak gini. Bakal betah main-main, sepuasnya, bawa anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mba, Subhanallah Indah sekali. Semoga kita semua bisa menjaga keindahan alam ini ya mba.

      Hapus
  2. Airnya jernih banget, serasa bisa buat cermin hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mba ... tangan manusialah yang wajib menjaga keindahannya :)

      Hapus

Custom Post Signature

Custom Post  Signature